Minggu, 03 Oktober 2010

PENGERTIAN SISTEM PERKADERAN MUHAMMADIYAH

Ada dua kosakata yang perlu diklarifikasi untuk bias memahami system perkaderan Muhammadiyah, yaitu : system dan perkaderan. Secara laksikal.
SYSTEM berarti seperangkat unsure yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan atau totalitas (a set or arrangement of things so related or connected as to from a unity or organic whole)

Kemudian tentang perkaderan, pengucapan dan penulisan sering tertukar dengan “pengaderan” atau”pengkaderan”. Pengaderan adalah proses, cara perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader, namun perlu diingat dalam “pengaderan” ini, posisi kader atau orang yang ikut dalam training menjadi objek dan pasif sebagai orang yg dididik atau dibentuk menjadi kader.
Sedangkan Perkaderan, berasal dari kata dasar KADER ditambah Prefik_noinal per dan sufiks an (perihal,yg berhubungan dengan, antara lain,kader). Dalam “perkaderan”, posisi kader atau orang yg ikut training menjadi subjek dan aktif. Jadi, yang pas dipergunakan dalam system perkaderan muhammadiyah (SPM) adalah PERKADERAN.
Dengan demikian, pengertian system perkaderan Muhammadiyah (SPM) adalah: seperangkat unsure dan keseluruhan komponen yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas yg berhubungan dengan kader dan kaderisasi di Muhammadiyah.”
Sebagai sebuah system, unsure-unsur yg terkandung dalam SPM ini adalah: tujuan perkaderan Muhammadiyah; arah perkaderan Muhammadiyah; profil kader Muhamadiyah; jenis dan bentuk perkaderan;struktur penjejnjangan kader; kurikulum perkaderan; dan pengorganisasian perkaderan. Dalam hal ini, system perkaderan yang dimiliki oleh setiap organisasi otonom umum dan organisasi otonom khusus, juga merupakan bagian dari SPM.

By: bid.perkaderan
(Diambil dari buku: system perkaderan Muhammadiyah, semoga bermanfaat)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar